Thursday, October 1, 2009

Progamming.....

Sekilas Pengertian Program
Adapun yang dimaksud dengan program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Tanpa program, komputer sesungguhnya tidak dapat berbuat apa-apa. Itulah sebabnya sering dikatakan bahwa komputer mencakup tiga aspek penting, yaitu berupa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) yang dalam hal ini berupa program, perangkat akal (brainware) atau orang yang berperan dalam operasi komputer maupun pengembangan perangkat lunak (operator). Dengan kata lain, program merupakan salah satu bagian penting pada komputer yang mengatur komputer agar melakukan aksi yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh pembuatnya.

Orang yang membuat program biasa disebut pemrogram (programmer). Adapun aktivitas yang berhubungan dengan pembuatan program dinamakan pemrograman (programing).

Suatu program ditulis dengan mengikuti kaidah bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman dapat dianalogikan dengan bahasa yang digunakan manusia (bahasa manusia). Sebagaimana diketahui, ada bermacam-macam bahasa manusia, seperti bahasa Inggris, Indonesia, ataupun bahasa yang lainnya. Kumpulan instruksi dalam bahasa manusia yang berupa sejumlah kalimat dapat kita analogikan dengan suatu program. Manusia dapat mengerjakan suatu instruksi berdasarkan kalimat-kalimat dan komputer dapat menjalankan suatu instruksi menurut program.


SQL (Structured Query Language) adalah bahasa komputer yang ditujukan untuk menyimpan, memanipulasi, dan mengambil data yang disimpan dalam database relasional. Inkarnasi pertama SQL muncul di tahun 1974, ketika sebuah kelompok di IBM mengembangkan prototipe pertama dari sebuah database relasional. Komersial pertama database relasional dirilis oleh Relational Software (kemudian menjadi Oracle).

SQL standar ada. Namun, SQL yang dapat digunakan pada masing-masing dari RDBMS utama saat ini dalam berbagai rasa. Hal ini disebabkan oleh dua alasan: 1) standar SQL yang cukup rumit, dan tidak praktis untuk menerapkan seluruh standar, dan 2) masing-masing vendor database membutuhkan cara untuk membedakan produk dari orang lain. Dalam tutorial ini, perbedaan-perbedaan seperti dicatat di mana perlu.

SQL ini berisi daftar situs bantuan pemrograman umum digunakan statemen SQL, dan dibagi menjadi bagian berikut:
SQL Commands: Basic SQL statement untuk menyimpan, mengambil, dan memanipulasi data dalam database relasional.
Tabel Manipulasi: Bagaimana pernyataan SQL digunakan untuk mengelola tabel dalam database.
Advanced SQL: Advanced SQL perintah.
SQL Syntax: Sebuah halaman yang berisi daftar sintaks untuk semua perintah SQL dalam tutorial ini.

Untuk setiap perintah, sintaks SQL terlebih dahulu akan disajikan dan dijelaskan, diikuti oleh sebuah contoh. Pada akhir tutorial ini, Anda harus memiliki pemahaman umum yang baik sintaks SQL, dan dapat menulis SQL query menggunakan sintaks yang benar. Pengalaman saya adalah bahwa pemahaman dasar-dasar SQL adalah jauh lebih mudah daripada menguasai semua seluk-beluk bahasa database ini, dan saya harap Anda akan mencapai kesimpulan yang sama juga.

0 comments:

Post a Comment

 

web lainya

About Me

My photo
surabaya, jawa timur, Indonesia

Yang ngeliat blogku.....

Support By

Banner Link Sobat



kata-irhamna


Valliant

Traffic



© 3 Columns Newspaper Copyright by Progamming | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks